Jumat, 19 Juni 2015

TUGAS SOFT SKILL

Nama :
  • marchellino stevean alexchandra : 16514358
  • ishadi adikusumo :15514494
  • rizki : 19514596
Psikologi Warna, Biarkan Warna Berbicara
Alam di sekitar kita menyajikan warna-warni yang sangat kaya, lebih kaya dari sekedar warna pelagi mejikuhibiniuPsikologi warna mempelajari dan mengidentifikasi persepsi manusia terhadap warna-warni benda yang ada di alam. Suasana hati seseorang bisa pula terpengaruh dengan adanya warna yang tertangkap indera penglihatan. Untuk itu, biarkan warna bicara apa adanya.
Konon warna memiliki korelasi dengan karakter seseorang. Sehingga sebuah institusi bisnis biasanya mempunyai corporate color, sebuah negara juga memiliki color of nation yang umumnya tercermin pada bendera nasional mereka. Demikian pula partai-partai politik menggunakan simbol-simbol warnauntuk menunjukkan identifikasi dan eksistensi di benak para pengikutnya.
Mengapa kami mengambil topic warna?, dikarenakan warna merupakan pemberi keindahan dalam keseharian kita.Warna dapat menciptakan keselarasan dalam hidup. Dengan warna kita bisa menciptakan suasana teduh dan damai. Dengan warna pula kita dapat menciptakan keberingasan dan kekacauan
Konon warna-warna yang ada di alam, mampu memunculkan persepsi psikologis yang unik sebagai berikut:

Arti Warna Merah
Merah adalah warna api, mentari pagi, dan warna darah.
Memberi kesan kehangatan, bahagia, keberanian, semangat, kekuatan, kegairahan, tanda peringatan (berhenti untuk traffic light)

Arti Warna Pink
Pink adalah warna yang melambangkan cinta, romantisme dan eksentrik.
Warna pink sering dipersepsi warna wanita atau feminim.

Arti Warna Orange (Kombinasi merah dengan kuning)
Orange melambangkan keceriaan, kehangatan, persahabatan, optimisme.
Warna ini memiliki daya tarik yang kuat, karena mampu merangsang pandangan mata.

Arti Warna Biru
Biru adalah warna langit dan laut.
Memberi kesan luas pada ruangan, kesejukan, dingin damai, dan menenangkan fikiran.

Arti Warna Kuning
Kuning memberi kesan kegembiraan, terang, cerah, bersinar, ketegasan. Menstimulus pandangan mata seperti warna jingga.

Arti Warna Hijau
Hijau merupakan representasi warna alam, dedaunan, kesegaran, relaksasi, harmoni, alami, sejuk, bersifat menenangkan.

Arti Warna Ungu (Perpaduan warna merah dan biru)
Ungu adalah warna bangsawan, aristokrat, kekuasaan, keagungan, keindahan dan kelembutan

Arti Warna Abu-abu
Kesan yang ditimbulkan warna ini adalah ketenangan, keteduhan, elegan.
Warna abu-abu mudah dikombinasikan dengan berbagai macam warna lain, karena tidak bersifat kontras.

Arti Warna Hitam
Hitam mengandung kesan misteri, kegelapan, independen, dramatis, juga berkesan sunyi.
Hitam adalah warna tegas, solid, dan kuat.

Arti Warna Coklat
Warna coklat menumbuhkan kesan tua, sederhana, kaya, dan hangat.

Arti Warna Krem
Warna krem merepresentasikan kelembutan dan klasik.

Arti Warna Silver
Warna ini menciptakan kesan glamour, mahal, dan kemilau sesuai dengan karakter silver atau perak.

Arti Warna Emas
Warna emas memberi kesan kemakmuran, aktif, dan dinamis
Prospeknya sangat pesat karena dalam psikologi warna ini sangat di butuhkan terutama dalam dekorasi perkantoran dimana pihak HRD  juga mensiasati dimana ruangan para karyawan dibuat sedemikian nyaman agar dapat meningkatkan kinerja para karyawan.
penggunaan teknologi internet dalam bidang psikologi
E-Counseling merupakan salah satu bentuk nyata aplikasi Teknologi Informasi dalam bidang Psikologi dan  Internet menawarkan suatu proses psikoterapis yang menggunakan suatu media komunikasi yang dimana melalui media tersebut mereka dapat memberikan intervensi psikoterapi Data yang bisa diaplikasikan dalam SPSS adalah data secara kuantitatif. Aplikasi SPSS sangat membantu bidang psikologi ketika seseorang sedang melakukan penelitian di bidang psikologi dengan metode kuantitatif.
Pemakaian internet sangat mudah, cepat, dan cenderung dapat dijangkau oleh ‘semua umur’. Orang yang tidak punya media tsb juga tidak jarang pergi ke rental/warnet. Karena dapat dijangkau oleh ‘semua umur’ tetapi internet mencakup global, jadi ada ‘hal-hal’ yang tidak pantas dilihat oleh anak di bawah umur, seperti pornografi, karena akan ada dampak psikologis pada anak yang dikhawatirkan anak akan matang sebelum waktunya. Oleh karena itu pemakaian internet pada anak di bawah umur harus dengan pengawasan. Bukan hanya untuk anak-anak, tetapi remaja pun harus terkontrol, karena remaja masih labil dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.selain itu, penggunaan internet secara adiktif juga dapat membuat seseorang lupa waktu, kecenderungan susah berhenti
Prospek kerjanya yaitu dimasa depan akan semakin di butuhkan dalam keseharian kita dimana dimasa yang akan datang semua bidang akan semakin mengandalkan media informasi seperti internet dan dapat memudahkan kita ber conselling dimana pun kita berada dengan cara virtual



Psikologi sosial mempunyai 3 ruang lingkup, yaitu:
  1. studi tentang pengaruh sosial terhadap proses individu, misalnya: studi tentang persepsi, motivasi proses belajar, atribusi (sifat).
  2. studi tentang proses-proses individual bersama, seperti bahasa, sikap sosial, perilaku meniru dan lain-lain.
  3. studi tentang interaksi kelompok, misalnya: kepemimpinan, komunikasi hubungan kekuasaan, kerjasama, persaingan, konflik.
  • BIDANG BISNIS
Contoh aplikasi psikologi sosial dalam bidang bisnis di bawah ini termasuk dalam ruang lingkup studi tentang interaksi kelompok, misalnya: kepemimpinan, komunikasi, kerjasama, persaingan, konflik.
Aplikasi psikologi sosial dalam bidang bisnis banyak terjadi pada dunia kerja. Berikut adalah contohnya :
Pada Proses Training Karyawan
Training di perusahaan dimaksudkan untuk memberikan bekal keterampilan, untuk mengenali konsep diri masing – masing (individu pekerja), dan untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki oleh seorang karyawan. Diharapkan dengan adanya training dapat meningkatkan motivasi kerja dan produktivitas karyawan. Dari hasil training, seorang staff recruitment dapat menempatkan pekerja pada posisi yang tepat.
Pada Proses Pengambilan Keputusan
Pengambilan keputusan ini sering terjadi pada bidang bisnis. Seorang businessman selalu mengambil keputusan terkait dengan langkah apa yang harus ia tempuh untuk memajukan usahanya. Hal tersebut juga berlaku pada direktur perusahaan. Mereka berembuk untuk mengambil keputusan kelompok ( group ) atau yang biasa disebut group decision.
Proses pengambilan keputusan ini juga dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan (Leadership). Ada pemimpin yang demokratis (mau nerima saran dan kritik), otoriter (semaunya sendiri), dan permissive (pasrah, nurut). Ada juga pemimpin yang berorientasi pada tugas (tidak memperdulikan perasaan karyawannya, prioritas tertinggi adalah keberhasilan kerja, tidak menekankan hubungan/relasi) dan pemimpin yang berorientasi pada hubungan (menjalin hubungan yang baik dengan karyawan; semua pendapat, saran, dan kritik ditampung; menempatkan relasi ditempat pertama dan penyelesaian tugas di tempat kedua).
Prospek nya kedepan sangat dibutuhkan bagi setiap perusahaan,kendalanya akan ada perbedaan
 Dalam Proses Training Karyawan, Proses Pengambilan Keputusan.
Referensi :
https://murkelefaud.wordpress.com/2012/08/08/penerapan-teknologi-dalam-bidang-psikologi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar